Makam We Tenri Olle (Raja Tanete Ke-18)



Ratu (Raja) tanete XVIII We Tenri Olle adalah cucu dari raja Tanete ke XVII La Rumpang Megga, ia memangku jabatan raja pada tahun 1853 dan wafat pada tahun 1910 di Pancana, Kec. Tanete Rilau, Kab. Barru, Sulawesi selatan. Tenri Olle juga merupakan Ratu (Raja) yang memiliki masa jabatan cukup lama, yakni 55 tahun.


Makam Tenri Olle berada dalam sebuah bangunan dengan bentuk kuba berciri arsitektur Eropa. Pada dua buah nisan yang terbuat dari kayu diukir dan dipenuhi dengan tulisan kaligrafi Lontara. Pada nisan bagian kepala terdapat Kaligrafi dengan transkripsi sebagai berikut:

Allahu, Muhammad
Ilahi lasta lilfirdaung ahlag wala aqwa ala naril jahiem. Fahabli taubatan waqhfir zumbi faimaka qhakiroun ozambil adhiem.

Artinya:

Allahu, Muhammad
Kurang mampulah saya berada di Surga Bahagian dan tidak dapat berada di atas mereka yang putih, maka terimalah taubat dan ampunilah dosa saya, karena sesungguhnya engkaulah ya Tuhan penerima ampun dan maha mulia. Terimalah.


Pada nisan bagian kiri terdafat kaligrafi dengan tulisan Lontara dan Arab. Transkrip kaligrafi tersebut adalah:

Ri 4 syawal
Sanatun Albai 1328
Ri 9 Oktober
Ri taung 1910 nallinrung Iyawe ri Tanete
Matiwaolriakuasanna ri bola sadana ri Pancana

Artinya:

Pada tanggal 4 Syawal tahun Albai 1328, pada tanggal 9 Oktober 1910 inilah raja Tanete yang wafat di rumah kediamannya di Pancana


Sumber:
Syarif  Longi & Anwar Aksa. 2001. Kerajaan Agangnionjo (Tanete).Proyek Pengadaan Sarana Sekolah Dasar Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Barru Tahun Anggaran 2001: Barru