Kompleks Makam We Tenrijelling Petta Guru, Bulu Lampang, Kec. Soppeng Riaja | Attoriolong

Kompleks Makam We Tenrijelling Petta Guru, Bulu Lampang, Kec. Soppeng Riaja

Penulis: -
Kompleks Makam We Tenrijelling Petta Guru, Bulu Lampang, Kec. Soppeng Riaja
We Tenrijelling Petta Guru merupakan ulama perempuan penyiar agama Islam terkemuka di wilayah Soppeng Riaja, ia merupakan istri dari Andi Zainal, Kadi Kerajaan Soppeng. Selain sebagai penyiar agama Islam, dia juga menjabat sebagai penguasa atau arung di Laju, sehingga selain dijuluki We Tenrijelling juga dijuluki sebagai Arung Laju dan diperkirakan memerintah sekitar tahun 1900-an.

Kompleks Makam We Tenrijelling Petta Guru terletak di desa Laju, Kecamatan Soppeng Riaja, Kabupaten Barrus, Sulawesi Selatan. Berjarak sekitar 20 km ke arah utara pusat kota Barru. Kompleks makam ini terletak di atas sebuah bukit yang oleh masyarakat disebut sebagai Bulu Lampang.

Baca juga: Komplek Makam Raja Tanete La Maddusila

Makam tepat berada di puncak Bulu Lampang dan berlokasi di depan masjid Nur Hidayah. Pada kompleks pemakaman ini, selain terdapat makam We Tenrijelling, terdapat pula beberapa makam lainnya yang masih merupakan keluarga dari We Tenrijelling, jadi bisa dikatakan kompleks makam ini merupakan pemakaman keluarga, namun sekarang sudah tidak lagi digunakan karena telah dibangun pemakaman yang baru.

Adapun penjelasan untuk bentuk dan ukuran makam We Tenrijelling sebagai berikut: makam dilindungi oleh bangunan atap yang menutupi makam, makam terbuat dari batu, memiliki dua buah nisan, dan dua buah jirat. Ukuran panjang makam 155 cm, lebar makam 39 cm. Tinggi badan makam 39 cm.

Baca juga: Komplek Makam Raja Tanete, Petta Pallasae'-lase'E (Petta Sogi'E)

Tinggi kedua nisan 63 cm, lebar kedua nisan bagian selatan dan utara masing-masing 21 dan 20 cm, tebal kedua nisan bagian selatan dan utara masing-masing 8 dan 9 cm. Tinggi kedua jirat makam 41 cm, sementara lebar kedua jiratnya 10 cm.
Makam We Tenrijelling Petta Guru


Beberapa makam di sekitar makam We Tenrijelling