Siapa Orang Pertama yang Berhasil Mengelilingi Dunia? | Attoriolong

Siapa Orang Pertama yang Berhasil Mengelilingi Dunia?

Penulis: -
Siapa Orang Pertama yang Berhasil Mengelilingi Dunia?
Penjelajah Portugis Ferdinand Magellan sering dianggap sebagai orang pertama yang mengelilingi dunia, tetapi kenyataannya, Magellan bukanlah orang yang pertama mengelilingi dunia, perjalanannya sedikit lebih rumit, ia bahkan tidak sampai kembali ke negerinya. Magellan pertama kali memulai pelayarannya pada bulan September 1519 sebagai bagian dari misi upaya untuk menemukan rute barat menuju ke Hindia Timur (sekarang Indonesia) yang kaya akan rempah.

Magellan kemudian berhasil memimpin kru kapalnya melintasi Samudera Atlantik, selanjutnya melewati selat di Amerika Selatan bagian selatan dan melintasi bentangan Samudera Pasifik yang luas. Rombongan ekspedisi kapalnya kemudian tiba di Kepulauan Filipina. Namun Mahellan terbunuh di tengah perjalanan dalam pertempuran kecil dengan penduduk asli di Pulau Mactan, Filipina.

Baca juga: Sejarah Perdagangan Biji Pala, Rempah-Rempah yang Mengubah Dunia

Kematian Magellan di Filipina berarti bahwa ia secara pribadi gagal mengelilingi dunia, tetapi ekspedisinya tetap berlanjut tanpa dia. Pada bulan September 1522, salah satu kapalnya tiba dengan selamat di Spanyol setelah menyelesaikan penjelajahan dunia yang sukses.
Kapal "Victoria" yang digunakan oleh Magellan pada ekspedisi keliling dunia. Foto: wikipedia.org
Jika Magellan bukan orang pertama yang mengelilingi dunia, lalu siapa lagi? Orang yang paling jelas adalah Juan Sebastian Elcano, seorang pelaut Basque yang menggantikan Magellan memimpin ekspedisi setelah kematian Magellan pada tahun 1521 dan menjadi kapten kapal "Victoria" dalam perjalanannya kembali ke Spanyol.

Baca juga: Sejarah Pedas Kayu Manis

Elcano dan para pelautnya berdiri sebagai orang yang berhasil melakukan satu perjalanan sebagai bagian dari pelayaran keliling dunia, tetapi mereka mungkin bukan manusia pertama yang mengelilingi dunia. Banyak sejarawan yang berpendapat bahwa orang yang pertama kali mengelilingi dunia adalah seorang budak Melayu yang bernama Panglima Awang.
Lukisan Ferdinand Magellan. Foto: historycollection.co
Magellan telah menangkap Panglima Awang untuk dijadikan budak dari Malaka pada awal tahun 1511 saat Magellan ke Hindia Timur dan Tanah Melayu, Magellan berharap ia bisa dimanfaatkan sebagai penerjemah dan pembantu di dalam kapal ekspedisi keliling dunia di kepulauan Pasifik.

Baca juga: 4 Kesultanan Besar Melayu di Era Islam

Panglima Awang telah diberikan nama Kristen 'Enrique' (bahasa Spanyol) atau 'Henrique' (bahasa Portugis) setelah dibaptis dalam Gereja Katolik Roma oleh pihak Portugis pada hari penangkapannya. Panglima Awang atau Enrique sebelumnya telah melakukan perjalanan ke barat bersama Magellan dari Asia ke Eropa sebelum bergabung dalam pelayaran keliling dunia.
Lukisan Panglima Awang atau Enrique. Foto: goodnewsfromindonesia.id
Misi keliling dunia pun dimulai, kapal berlayar ke arah barat, pada saat misinya mencapai Asia Tenggara, Magellan terbunuh di Filipina, sementara Sebastian Elcano yang melanjutkan ekspedisinya baru separuh jalan mengelilingi dunia, namun penerjemah kapalnya Enrique telah hampir mengelilingi bumi dan kembali ke tanah airnya, meskipun selama beberapa tahun dan beberapa kali pelayaran.

Enrique meninggalkan ekspedisi dan menghilang tak lama setelah kematian Magellan di Filipina. Pada saat itu, dia hanya berjarak beberapa ratus mil dari tempat asalnya di Malaka. Jika dia pernah kembali ke tanah kelahirannya, maka Enrique mungkin layak mendapatkan penghargaan sejati karena menjadi orang pertama yang mengelilingi dunia.

Rujukan: https://www.history.com/news/was-magellan-the-first-person-to-circumnavigate-the-globe