Tentang

Attoriolong adalah web sejarah online yang terinspirasi atau berkiblat pada majalah HISTORIA, majalah sejarah online pertama di Indonesia yang disajikan secara populer. Memadukan disiplin kerja jurnalistik dengan penelitian sejarah untuk menghadirkan kisah masa lalu secara memikat dan mengesankan di hadapan pembaca.

Attoriolong berasal dari kata dasar Toriolo dalam bahasa Bugis yang memiliki arti orang terdahulu, jadi Attoriolong memiliki makna sebagai kisah para orang-orang terdahulu. Attoriolong juga merupakan salah satu jenis kronik Bugis yang disebut Lontara Attoriolong, isinya memuat cerita-cerita sejarah.

Dinamika kehidupan manusia di masa lampau, mulai intrik politik, revolusi, perang, pemberontakan, perebutan kekuasaan, bencana dan berbagai penemuan yang mengubah wajah dunia akan menjadi cerita memikat yang selalu dihadirkan.

Bangsa yang tak pernah tahu dari mana ia berangkat takkan pernah tahu dimana ia akan datang. Apa yang kita hadapi hari ini adalah apa yang kita lakukan hari kemarin; dan apa yang kita temui di masa depan adalah hasil dari apa yang kita perbuat di hari ini. Begitu banyak hal yang dilupakan dan tak terselesaikan di negeri ini. Attoriolong akan selalu berupaya mengingatkan kita tentang sesuatu yang terjadi pada masa lampau sehingga kita bisa mengambil hikmahnya di masa kini demi masa depan yang lebih baik. Karena sejarah adalah guru kehidupan.

------------

Penulis:
Erik Hariansah